SEMINAR MEDIS “MANAJEMEN ASMA MENCAPAI ASMA TERKONTROL”

 Home / Berita /SEMINAR MEDIS “MANAJEMEN ASMA MENCAPAI ASMA TERKONTROL”
SEMINAR MEDIS “MANAJEMEN ASMA MENCAPAI ASMA TERKONTROL”

SEMINAR MEDIS “MANAJEMEN ASMA MENCAPAI ASMA TERKONTROL”

Jakarta. Penyakit Asma merupakan peradangan kronik yang umum terjadi pada saluran napas yang ditandai dengan gejala yang bervariasi dan berulang. Gejala umum meliputi mengi, batuk, dada terasa sesak, dada terasa berat, dan sesak napas.

Pengetahuan mengenai asma sangat diperlukan oleh pasien, keluarga dan masyarakat. Pengobatan ditunjang dengan pengetahuan yang baik dapat membantu progresifitasnya. Hari Asma Sedunia diperingati pada tanggal 1 Mei tiap tahunnya.  

Sebagai rujukan respirasi nasional sesuai dengan SK Menkes nomor HK.02.02/Menkes/566/2016 tentang RSUP Persahabatan Jakarta Dengan Keunggulan Rujukan Respirasi , maka RSUP Persahabatan harus menjadi pemimpin terdepan didalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk Asma, selain itu juga penelitian dan pendidikan kepada masyarakat juga tenaga medis terkait.

Dalam rangka Hari Asma Sedunia maka RSUP Persahabatan menyelenggarakan seminar medis yang mengangkat tema “Manajemen Asma Mencapai Asma Terkontrol”  pada hari senin tanggal 07 Mei 2018, bertempat di aula Griya Psupa lantai 2.

Membuka acara, Direktur Utama RSUP Persahabatan dr. Mohammad Ali Toha, MARS menyampaikan sambutannya, “Penyakit Asma di Indonesia terus meningkat angka kejadiannya, karena itu sebagai tenaga medis sangat dibutuhkan ketrampilan karena ilmu kesehatan terus berkembang dengan cepat. Sudah menjadi tugas RSUP Persahabatan untuk memberikan pendidikan dan pelatihan melalui seminar. Pada seminar ini mempelajari tentang perkembangan baru dibidang penatalaksanaan Asma dan  semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi semua”.

Seminar ini menghadirkan para pakar dalam bidang asma sebagai narasumber, antara lain :

  1. Prof. Dr. Faisal yunus, PhD, Sp.P(K) dengan materi Diagnosis dan Tatalaksana Asma.
  2. Dr. Fauzi Mahfuzh, Sp.A dengan materi Tatalaksana Asma pada anak.
  3. Dr. Ratnawati, PhD, Sp.p(K) dengan materi Terapi Inhalasi pada Asma.
  4. Dr. Budhi Antariksa, S.PhD, Sp.P(K) dengan materi Tatalaksana Serangan Asma.

Antusias peserta nampak pada setiap sesi diskusi dalam seminar yang diikuti oleh 275 orang yang berasal dari berbagai rumah sakit, puskesmas, klinik BPKM, serta sekolah tinggi ilmu kesehatan baik dari dalam maupun luar pulau jawa. Kegiatan ditutup dengan pembagian doorprize kepada peserta yang beruntung.